brewin mesa brewin mesa

Brewin Mesa Garap Proyek Rp 1,3 Triliun di Alam Sutera

SINGAPURA- Perusahaan investasi dan salah satu pengembang real estate berbasis di Singapura, PT Brewin Mesa Development (BMD) berencana mengembangkan proyek properti di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten senilai Rp 1,3 triliun.

Presiden Direktur PT Brewin Mesa Development Bill Cheng mengatakan, perusahaannya akan mengembangkan dua menara apartemen berkapasitas total 496 unit di atas lahan seluas 8.500 meter persegi (m2).

“Kawasan Alam Sutera ini memiliki lokasi yang strategis dan infrastruktur yang sudah lengkap. Kami yakin Alam Sutera ini menjadi pusat bisnis (central bussiness district/CBD) baru di kawasan barat Jakarta. Karena sudah banyak perkantoran di Alam Sutera,” kata Bill Cheng, di Singapura, Sabtu (30/1).

Dia menjelaskan, kedua menara apartemen tersebut berketinggian 38 lantai. Tipe apartemen yang ditawarkan terdiri atas tiga tipe, yaitu tipe 1 bedroom, 2 bedroom, dan 3 bedroom. Sedangkan harganya dibanderol Rp 1,3 miliar sampai dengan Rp 3 miliar per unit sesuai dengan tipenya.

“Kami berencana meluncurkan proyek tersebut pada kuartal pertama tahun ini, setelah itu barulah pemancangan tiang pertama (groundbreaking),” kata dia.

Bill Cheng mengatakan, dana investasi Rp 1,3 triliun untuk pengembangan proyek tersebut diperoleh dari pinjaman perbankan sebesar 60% dan dana internal 40%. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2018. “Dua menara apartemen dibangun secara bersamaan. Kami menargetkan selesai pada 2018, jadi kurang lebih proyek berjalan 2,5 tahun,” kata Bill.

Dia mengatakan bahwa tanah di lokasi bangunan sudah dibebaskan sejak pertengahan Juni 2013 sampai pertengahan 2015. Kepastian status tanah ini, lanjutnya, menjadi bagian dari kenyamanan konsumen. “Tanah sudah dibebaskan sejak Juni 2013, dibeli langsung satu per satu, jadi sudah clear. Konsumen nantinya tidak perlu khawatir tanahnya bersengketa,” kata dia.

Brewin Mesa merupakan patungan dua perusahaan keluarga antara Brewin Properties dan Mesa Invensment. Brewin Properties dimiliki oleh keluarga Cheng yang mengendalikan Wing Tai Asia dan Mesa Investment dimiliki anggota keluarga Kwee yang mengendalikan Pontiac Land Limited.

Bill Cheng merupakan anak kandung Edmund Cheng, pendiri Wing Tai Asia, yang dipercaya untuk mengembangkan properti di Indonesia. Brewin Mesa dirancang untuk melakukan penetrasi pasar properti di Indonesia yang dinilai memiliki peluang besar dibandingkan negara lain.

Source: beritasatu.com